Sistem Informasi Tokopedia


Sistem Informasi Tokopedia



   Tokopedia merupakan salah satu toko online di indonesia yang mengusung model bisnis marketplace dimana semua orang dapat menjualkan barang dan menjadi pembeli di aplikasi ini. Layanan tokopedia diperuntukan untuk semua orang dan dapat diakses secara gratis. Tokopedia sebenarnya lebih bergerak di bidang jasa, yaitu dengan memberikan fasilitas antara penjual dan pembeli secara online dengan mudah.



   Selain dapat membeli berbagai macam barang pada umumnya seperti pakaian, elektronik, buku kita juga dapat membeli beberapa barang dan jasa yang lain yang tentunya dapat mempermudah kita dalam membeli barang dan jasa tersebut. Berikut beberapa layanan pembayaran dan top up yang tersedia di tokopedia


  1. TokoCash
  2. Pulsa
  3. Paket Data
  4. Tiket Kereta Api
  5. BPJS
  6. Listrik PLN
  7. Air PDAM
  8. Telkom
  9. TV Kabel
  10. Angsuran Kredit
  11. Donasi
  12. Voucher Game
  13. Pascabayar
  14. Saldo Tokopedia
  15. Gas PGN
  16. Streaming
  17. Gift Card
  18. Hiburan
  19. Roaming
  20. Pasang TV Kabel
  21. Pajak
   Selain pelayanan diatas tokopedia juga memiliki beberapa fitur-fitur yang sangat menguntungkan. yang pertama adalah topads. Topads merupakan fitur yang dapat digunakan untuk mempromosikan toko atau produk kepada calon pembeli yang dapat membuat peluang sebuah produk atau toko dapat sering dilihat oleh calon pembeli.


   Selain topads ada juga statistik toko. kegunaannya untuk melihat perkembangan toko, semua detail transaksi terdapat di dalam statistik toko. Dapat memudahkan kita untuk melakukan pemantauan terhadap toko.


 Yang ketiga adalah fitur gold merchant. Gold Merchant merupakan fitur berbayar yang bisa memberikan kemudahan untuk penjual dalam mengelola toko. Fasilitas tambahan yang ada pada Gold Merchant diantaranya yaitu penghitungan kurs dollar, penambahan admin untuk kelola toko, informasi toko fisik pada katalog, dan masih banyak lagi.

   
   Selain tiga fitur diatas masih banyak lagi fitur-fitur unggulan dari tokopedia diantaranya adalah JNE Online Booking, Preferred Logistic Partner, TopPoints, Reputation System, User Management.

Struktur Diagram Sistem Informasi Tokopedia

   



Executive Information System (EIS)

1. Komisaris Utama

- Pelaksanaan rapat secara berkala.
- Pemberian nasihat, tanggapan atau persetujuan secara tepat waktu dan petimbangan yang memadai
- Mendorong terlaksananya implementasi good corporate govermence.
- Melakukan kerjasama perusahaan.

Decision Support System (DSS)

2. Direktur Utama

- Mengkoordinasi dan mengendalikan kegiatan dibidang administrasi keuangan, kepegawaian dan kesekretariatan.
- Mengkoordinasi dan mengendalikan kegiatan pengadaan dan peralatan perlengkapan.
- Merencanakan dan mengembangkan sumber-sumber pendapatan serta pembelanjaan dan kekayaan perusahaan.

Managemen Information System (MIS)

3. Direktur Bagian

- Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan direktur utama.
- Menawarkan visi misi dan imajinasi ditingkat tertinggi.
- Memimpin rapat umum.
- Bertindak sebagai perwakilan organisasi dalam hubungannya dengan dunia luar.

Transaction Processing Systems (TPS)

4. IT

- Menerima, memprioritaskan dan menyelesaikan permintaan bantuan IT.
- Membeli hardware software dan hal-hal lain yang berhunbungan.
- Instalasi perawatan dan penyediaan dukungan harian.
- Mengatur penawaran harga barang dan tanda terima dengan supplier untuk kebutuhan yang berhubungan dengan IT.
- Menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk pembuatan laporan department regular.

5. Quality Control

- Memantau perkembagan semua produk yang diproduksi oleh perusahaan.
- Bertanggung jawab untuk memperoleh kualitas dalam produk dan jasa perusahaannya.

6. Customer Service

- Sebagai Resepsionis.
- Sebagai Deskman.
- Sebagai salesman.
- Sebagai customer relation officer.
- Sebagai komunikator.

7. Design

- Melakukan Tugas yang berhubungan dengan design dalam perusahaan seperti design banner, web, hingga design banner pengiklanan.
- Menciptakan desain yang informatif dan komunkatif yang bisa menyentuh sisi psikis.
- Selalu kreatif dan memiliki wawasan baru akan perkembangan yang selalu berubah sewaktu-waktu.

8. Finance

- Melakukan pengelolaan keuangan perusahaan.
- Melakukan penginputan semua transaksi keuangan.
- Melakukan transaksi Keuangan perusahaan suplier dan customer.
- Membuat laporan mengenai aktivitas keuangan perusahaan.
- Melakukan Evaluasi Budget.
- Melakukan rekonsiliasi.

9. Legal

- Mensupport dan mengelola dokumen perusahaan khususnya yang berhungan dengan perjanjian kerjasama maupun legal contract.
- Mereview legal contract.
- Membuat surat permintaan, penawaran dan negosiasi harga.
- Mengelola administrasi yang berhubungan dengan pekerjaan yang telah dilakukan.
- Menguasai pembuatan dan review surat perjanjian beserta monitoring validitasnya.

10. HRD

- Merekrut personil untuk posisi yang sesuai dengan kemampuan mereka.
- Membuat Kebijakan.
- Memberikan pelatihan dan pengembangan staf.
- Monitoring kinerja dari setiap karyawan.
- Memutuskan Pemberian pengangkatan jabatan dan kompensasi.
- Monitoring perlengkapan kesehatan dan keselamatan bagi karyawan.
- Trouble shooting dan pemecahan masalah bagi karyawan.
- Menjaga hubungan dengan setiap karyawan.

11. Content

- Pembuatan konten di blog tokopedia.
- Mengkoordinir semua yang berhubungan dengan konten dalam website tokopedia.

12. Marekting

- Melakukan optimasi tokopedia di mesin pencari.
- Melakukan optimasi di sosial media.
- Melakukan riset online.




REFERENCE :
http://nakaglide.blogspot.co.id/2015/12/10-fitur-super-tokopedia.html
http://www.academia.edu/24122582/LAPORAN_DATA_PROFIL_PERUSAHAAN_PT.TOKOPEDIA_FAKULTAS_TEKNIK_UNIVERSITAS_TRUNOJOYO_MADURA_PRODI_TEKNIK_INDUSTRI_TAHUN_AKADEMIK_2016

Komentar

  1. Apakah nomor telepon Tokopedia di rahasiakan/disembunyikan, karena saya ingin kontak ke call center tidak tersedia di aplikasi tokopedia bahkan saya coba cari di google pun tidak ditemukan, terimakasih infonya...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Manajemen PT. BLUE BIRD

Studi Kasus Karcis Parkir